Kesalahan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID: Bagaimana Cara Mengatasinya?

err_cert_common_name_invalid

Pendahuluan

Saat sedang asyik menjelajahi dunia maya, tiba-tiba saja layar browser menampilkan pesan yang membingungkan: ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID. Pesan ini sering muncul saat mencoba mengakses situs web yang menggunakan HTTPS, dan bisa jadi cukup bikin frustrasi. Jangan khawatir! Artikel ini akan mengupas tuntas apa itu ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID, penyebabnya, cara mengatasinya, dan tips untuk mencegahnya di masa mendatang. Mari kita selami lebih dalam!

Apa Itu ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID?

Pesan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID adalah peringatan yang muncul di browser ketika ada masalah dengan sertifikat SSL/TLS situs web. Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) atau TLS (Transport Layer Security) adalah teknologi keamanan yang mengenkripsi data antara browser dan server, memastikan bahwa data yang ditransfer tetap aman. Nah, sertifikat ini memiliki ‘Common Name’ atau nama umum, yang seharusnya cocok dengan nama domain situs web. Jika tidak cocok, muncullah ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID.

Penyebab ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID

Penyebab munculnya pesan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID bisa bermacam-macam, di antaranya:

  • Sertifikat SSL salah atau tidak cocok: Sertifikat mungkin diterbitkan untuk nama domain yang berbeda dari yang diakses.
  • Konfigurasi server yang salah: Server mungkin tidak diatur dengan benar untuk menggunakan sertifikat yang tepat.
  • Sertifikat kadaluarsa: Sertifikat SSL memiliki masa berlaku, dan jika sudah kadaluarsa, browser akan menganggapnya tidak valid.
  • DNS cache yang ketinggalan zaman: Terkadang, cache DNS yang usang bisa menyebabkan masalah ini.

Cara Mengatasi ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi kesalahan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID:

1. Memeriksa Koneksi Internet

Lang

1. Memeriksa Koneksi Internet

Langkah pertama dan paling sederhana adalah memastikan koneksi internet kamu stabil. Kadang-kadang, masalah jaringan sementara dapat menyebabkan kesalahan ini. Coba matikan dan nyalakan kembali Wi-Fi atau restart modem.

2. Membersihkan Cache DNS

Cache DNS yang usang dapat menyebabkan browser menggunakan informasi lama. Untuk membersihkan cache DNS di Windows, buka Command Prompt dan ketik:

Di Mac, buka Terminal dan ketik:

Ini akan memperbarui cache DNS kamu dan bisa jadi solusi cepat untuk masalah ini.

3. Memeriksa Tanggal dan Waktu Komputer

Pengaturan tanggal dan waktu yang salah di komputer dapat menyebabkan sertifikat SSL dianggap tidak valid. Pastikan pengaturan tanggal dan waktu sesuai dengan zona waktu kamu saat ini.

4. Menggunakan Mode Incognito atau Private

Coba akses situs yang bermasalah dengan menggunakan mode Incognito di Chrome atau Private Browsing di Firefox. Mode ini tidak menggunakan cache atau cookies, sehingga bisa membantu menentukan apakah masalahnya ada pada cache browser.

5. Memeriksa Sertifikat SSL Situs Web

Kamu bisa memeriksa sertifikat SSL situs web dengan mengklik ikon gembok di sebelah kiri URL di browser. Pastikan nama umum (Common Name) pada sertifikat sesuai dengan nama domain situs. Jika tidak, maka sertifikat tersebut memang tidak valid.

6. Menghubungi Pemilik Situs Web

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya ada di pihak server. Cobalah menghubungi pemilik situs web atau administrator server dan beri tahu mereka tentang kesalahan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID yang kamu alami. Mereka mungkin perlu memperbarui atau memperbaiki sertifikat SSL mereka.

Tips Mencegah Kesalahan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID

Berikut beberapa tips untuk mencegah kesalahan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID di masa mendatang:

1. Memperbarui Sertifikat SSL Secara Berkala

Pastikan sertifikat SSL diperbarui sebelum masa berlakunya habis. Banyak penyedia sertifikat yang menawarkan pemberitahuan otomatis sebelum sertifikat kadaluarsa.

2. Menggunakan Sertifikat SSL dari Penyedia Tepercaya

Pilih penyedia sertifikat SSL yang tepercaya dan telah diakui oleh browser utama. Sertifikat dari penyedia yang kurang dikenal mungkin tidak diterima oleh semua browser.

3. Memverifikasi Konfigurasi Server

Pastikan server web dikonfigurasi dengan benar untuk menggunakan sertifikat SSL yang tepat. Ini termasuk memastikan nama umum sertifikat sesuai dengan nama domain yang digunakan.

4. Menggunakan Wildcard atau Sertifikat Multi-Domain

Jika kamu mengelola beberapa subdomain, pertimbangkan untuk menggunakan sertifikat wildcard yang mencakup semua subdomain, atau sertifikat multi-domain yang dapat mencakup beberapa domain dalam satu sertifikat.

FAQ Tentang ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID:

1. Apakah ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID Berbahaya?

Tidak selalu. Kesalahan ini menunjukkan masalah dengan sertifikat SSL, yang berarti data yang dikirim antara browser dan server mungkin tidak aman. Namun, ini tidak selalu berarti situs tersebut berbahaya. Sebaiknya hindari memasukkan informasi sensitif hingga masalahnya teratasi.

2. Bagaimana Cara Mengatasi ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID di Ponsel?

Langkah-langkahnya mirip dengan di komputer. Periksa pengaturan tanggal dan waktu, coba gunakan browser lain, atau bersihkan cache dan cookies di browser ponsel kamu.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID Terjadi di Semua Situs?

Jika masalah ini terjadi di semua situs yang kamu coba akses, kemungkinan besar masalahnya ada pada pengaturan jaringan atau perangkat kamu. Coba periksa pengaturan tanggal dan waktu, atau restart perangkat dan router.

Kesimpulan

Kesalahan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID memang bisa membuat frustrasi, tetapi dengan memahami penyebabnya dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Dari memeriksa koneksi internet hingga menghubungi pemilik situs web, ada banyak cara untuk mengatasi kesalahan ini. Jangan lupa untuk selalu memperbarui sertifikat SSL dan menjaga konfigurasi server agar tetap optimal. Dengan begitu, kamu bisa menikmati pengalaman berselancar di dunia maya tanpa gangguan!

Jadi, lain kali jika kamu melihat pesan ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID, jangan panik. Ikuti panduan ini dan kamu akan segera kembali online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *